Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Purbalingga H. Adi Yuwono, S.H. menghadiri undangan audiensi terkait penambangan galian C di Aula Balai Desa Arenan Kecamatan Kaligondang Purbalingga Rabu (16/3/2022) siang.
Audiensi yang diselenggarakan Pemerintah Desa Arenan tersebut dihadiri juga oleh Kasatpol PP yang mewakili Bupati Purbalingga, Kepala Bagian Hukum Setda Purbalingga, Camat Kaligondang, Kapolsek Kaligondang, LSM Garda Anak Bangsa serta Perwakilan Warga Desa Arenan baik yang menolak ataupun yang mendukung adanya penambangan galian C di Desa Arenan.

Dalam audiensinya perwakilan warga yang mendukung adanya penambangan galian C di Desa Arenan yang diwakili Oleh LSM Garda Anak Bangsa melalui juru bicaranya M. Puji H menyampaikan bahwa penambangan galian C yang ada di Desa Arenan sudah berijin dan didukung oleh warga. Puji juga menyampaikan bersedia memperbaiki fasilitas infrastruktur yang terdampak dari galian C jika terjadi kerusakan. Sedangkan menurut warga yang menolak adanya penambangan galian C yang diwakili Kepala Desa Arenan H. Ikhwono mengatakan bahwa ada miskomunikasi. Dalam kesempatan tersebut H. Ikhwono mengungkapkan bahwa sebelumnya Pemdes Arenan hanya ingin merelokasi alur sungai gintung yang berbatasan dengan Desa Sindang.

Sementara itu Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Purbalingga H. Adi Yuwono, S.H. menyampaikan bahwa audiensi ini masih ada pro dan kontra adanya galian C di Desa Arenan. Atas nama Pimpinan DPRD Purbalingga H. Adi Yuwono, S.H. menginisiasi akan mengundang para pihak baik yang mendukung maupun menolak adanya penambangan galian C di Desa Arenan ke DPRD Kabupaten Purbalingga. Hal tersebut menurutnya sangat diperlukan untuk mencapai titik temu. H. Adi Yuwono, S.H berharap semua pihak harus saling menghormati, karena menurutnya meskipun ijin penambangan galian C adalah milik kewenangan pusat akan tetapi operasional ada di wilayah desa sehingga semua pihak harus mau mendengarkan aspirasi masyarakat.