Ketua DPRD Purbalingga H.R. Bambang Irawan, SH. bersama Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE., B.Econ. beserta para kepala OPD dan Camat Kutasari Titis Panjer Rahino, S.STP. menghadiri acara peresmian BUMDes Asri Wijayasari dengan Unit Usaha Pengelolaan Sampah Plastik di Desa Kutasari Kecamatan Kutasari, Selasa (15/03/2022) pagi.

Kegiatan diawali dengan mengunjungi rumah Bapak Riswan untuk melaksanakan peletakan batu pertama dimulainya pemugaran rumah tidak layak huni (RTLH) yang mendapat bantuan dari pemerintah desa yang alokasi dananya bersumber dari dana desa, Selanjutnya Bupati dan Ketua DPRD berkesempatan mengunjungi Kios UMKM dan kemudian dilanjutkan dengan gunting pita oleh Ketua DPRD sebagai tanda diresmikannya BUMDes Asri Wijayasari.

Bupati dan Ketua DPRD juga melakukan peninjaun proses pengolahan sampah plastik yang hasil olahannya menjadi bahan bakar bakar minyak (BBM) setara jenis solar, minyak tanah dan bensin. Inovasi ini digagas oleh Budi Trisno Aji. Pengolahan tersebut menggunakan teknologi Fast Pyrolysis yang bekerja dengan memanfaatkan tekanan dengan tambahan katalis untuk memudahkan proses dekomposisi plastik agar lebih sempurna dan tidak memerlukan temperatur yang tinggi.

Teknologi yang kita gunakan ini bisa menghasilkan BBM 1:1 atau 1 kilogram sampah plastik menjadi 1 liter BBM. Prosesnya pun ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi dan pencemaran alam. Dalam acara tersebut juga dilakukan demonstrasi pengujian bahan bakar solar hasil pengolahan sampah tersebut untuk menghidupkan traktor. Dengan adanya pengolahan sampah tersebut diharapkan dapat mengatasi permasalahan mengenai limbah sampah yang terus bertampah.