Ketua DPRD Purbalingga H.R. Bambang Irawan,S.H., bersama Bupati Purbalingga Dyah Hyuning Pratiwi, SE., B.Econ., MM., Wakil Bupati Sudono, ST. MT., para Kepala OPD, Forkopimda dan Camat Kutasari menghadiri acara Pencanangan Peningkatan dan Pengamanan Air Baku Kabupaten Purbalingga, bertempat di Situ Tirtomerto Desa Karangcegak Kecamatan Kutasari, Rabu (30/03/2022) pagi.
Dalam acara tersebut hadir juga Plt Direktur PDAM Purbalingga dan perwakilan PDAM dari kabupaten tetangga. Dimana PDAM sangat berkepentingan dengan program peningkatan dan pengamanan air baku tersebut karena salah satu sumber baku PDAM untuk suplai air bersih berasal dari Situ Tirtomerto, Desa Karangcegak.

Kegiatan pencanangan diawali dengan pembagian bantuan kursi roda dan bahan pokok kepada warga Desa Karangcegak dilanjutkan sambutan Bupati Purbalingga, dan dirangkai dengan penanaman pohon di area Situ Tirtomerto serta pelepasan bibit ikan di kolam Situ Tirtomerto.

Dalam sambutannya, Bupati Purbalingga menyampaikan perlu adanya gerakan penanaman pohon dan menjaga kelestarian lingkungan, mengingat Indonesia saat ini hampir terancam krisis air bersih di 33 Provinsi, dimana sumber mata air dan sungai berstatus tercemar berat.
“Menjaga kelestarian lingkungan tidak hanya menjadi tugas Pemerintah, Dinas Lingkungan Hidup dan PDAM, tapi merupakan tugas kita semua yang hidup di bumi untuk selalu menjaga alam agar selalu lestari”, pungkasnya.