Ketua DPRD Purbalingga H.R. Bambang Irawan, SH.  bersama Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.econ, Wakil Bupati Sudono, ST. MT, beserta para Kepala OPD dan para Camat di Kabupaten Purbalingga menghadiri acara Launching Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) dan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) serta Pekan Pelayanan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Tingkat Kabupaten Purbalingga, bertempat di Desa Sempor Kecamatan Kaligondang, Rabu (16/03/2022) pagi.

Dalam acara tersebut hadir juga perwakilan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa tengah serta Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa tengah.

DASHAT merupakan program unggulan BKKBN sebagai upaya untuk menurunkan stunting, sebagaimana diketahui bersama bahwa salah satu penyebab stunting adalah adanya kondisi kesehatan yang tidak optimal dan asupan nutrisi yang tidak optimal. Melalui dashat ini merupakan upaya memanfaatkan potensi pangan lokal yang sehat, bergizi serta kekinian melalui kegiatan teori dan praktek pengolahan pangan oleh para ahli gizi, ahli kuliner lokal dan diharapkan ibu hamil, ibu yang hendak hamil dan ibu menyusui lebih diperhatikan asupan nutrisinya.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI bersinergi dengan KEMENDES PDTT mengembangkan desa ramah perempuan dan peduli anak (DRPPA). DRPPA merupakan desa yang mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak ke dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan desa, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa, yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan.

Desa Sempor dan Desa Pandansari menjadi pilot projek DRPPA. Bahkan di Jawa Tengah hanya ada 2 Kabupaten/ Kota PPPA yang salah satunya adalah Kabupaten Purbalingga.