Terkait LKPJ Bupati , Banggar Berikan Saran

Terkait LKPJ Bupati , Banggar Berikan Saran

Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Purbalingga menyatakan telah menyetujui Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2017 dan menyatakan telah sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang berlaku. Namun demikian pihaknya memberi sejumlah saran sekaligus catatan sebagai bahan evaluasi pelaksanaan APBD pada tahun mendatang.

Ketua Banggar DPRD Kabupaten Purbalingga Tongat melalui juru bicaranya, Cahyo Susilo menyarankan agar Pemkab meningkatkan mutu penyelenggaraan pemerintahan. Salah satunya terkait mempertahankan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) hendaknya diiringi dengan peningkatan kualitas sistem pengawasan internal.

“Sehingga dapat meminimalisir adanya temuan temuan yang pelanggaran atas kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan,” katanya saat rapat paripurna di gedung DPRD Kabupaten Purbalingga, Sabtu (30/6).

Pelaksanan kebijakan Pemkab terkait dengan bantuan langsung baik hibah maupun bantuan sosial agar dikelola dengan baik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan dilaksanakan secara proporsional. Pemkab hendaknya bisa menambah porsi anggaran untuk kegiatan-kegiatan yang terkait dengan peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) dan pengentasan kemiskinan.

“Sebelum mengeluarkan kebijakan yang menyangkut hajat hidup orang banyak hendaknya diperlukan kajian mendalam sehingga tidak menimbulkan gejolak dan penolakan dari masyarakat,” katanya.

Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, APBD merupakan instrumen kelengkapan yang bertujuan meningkatkan pelayanan umum kepada masyarakat. Pihaknya berkomitmen agar pemanfatan APBD ke depan harus berorientasi dalam pengentasan kemiskinan, peningkatan lapangan kerja dan peningkatan peningkatan ekonomi masyarakat.

Legislatif dan eksekutif, pada kesempatan itu telah menyetujui raperda LKPJ APBD 2017 menjadi Perda. Tiwi berharap komuinikasi, kordinasi dan kerjasl sama antara kedua lembaga penyelenggara pemerintah itu selalu sinergis dan terus dimantapkan. (Tim GL)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *